Chat
Help 2


Chat
Sales 2


Help


Sales

Click
Me

Back
to Top

Hindari Kebiasaan Ini Agar Performa Mobil Anda tetaap Prima!

  News /   25 Juli 2020

New normal ditandai dengan dibukanya kembali aktivitas ekonomi, sosial dan kegiatan publik secara terbatas namun tetap menerapkan protokol kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah. Beraktivitas dengan mobil tentu membuat para pengemudi memiliki kebiasaan yang melekat.  Jika itu adalah kebiasaan yang baik maka patut dicontoh dan dipertahankan, sedangkan kebiasaan yang buruk tentu harus dihindari dan ditinggalkan. Sebab kebiasaan buruk saat berkendara tak hanya dapat mengancam keselamatan, tetapi juga dapat merusak mobil Anda.

Berikut adalah kebiasaan berkendara yang sebaiknya Anda tinggalkan untuk menjaga performa mesin tetap prima:

  1. Jangan menggunakan gigi netral di jalan menurun

Netral Gear 

Pada posisi transmisi netral, engine brake tidak berfungsi, sehingga kinerja rem semakin berat. Jika terjadi masalah rem atau blong, mobil dapat meluncur tidak terkendali karena tidak ada bantuan dari mesin yang mengatur laju kendaraan 

 

  1. Jangan lakukan pengereman mendadak

Saat berkendara, hindari melakukan pengereman mendadak! Hal ini bisa menyebabkan kampas rem cepat aus. Ada baiknya melakukan pengereman secara perlahan dan dilakukan dari jarak jauh, maka Anda harus selalu menjaga jarak aman kendaraan Anda dengan yang lain. Lakukan secara sedikit demi sedikit sehingga kecepatan mobil menurun dan berhenti total. Melakukan pengereman dengan baik dan benar bisa membuat kampas rem lebih awet dan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat.

 

  1. Jangan Menginjak Pedal Gas Mendadak

sportpedal__1584694881440

Menginjak pedal gas secara mendadak biasanya terjadi saat Sobat Honda berada di lampu merah atau di jalanan yang sedang macet. Saat Sobat Honda menginjak pedal gas sedalam-dalamnya dan dalam kondisi mendadak, dengan tujuan agar mobil segera melaju, RPM akan dipaksa untuk berputar di kecepatan tinggi secara mendadak. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus, selain konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros komponen kanvas kopling/CVT akan cepat aus.

 

  1. Jangan lupa mematikan lampu

Saat Anda telah selesai menggunakan mobil atau sampai di tempat tujuan, jangan lupa untuk mematikan lampu. Hidupnya lampu saat mesin mobil mati menyebabkan energi dari aki cepat habis. Hal ini dikarenakan ketika mesin mobil mati, aliran energi ke aki terhenti sehingga aki akan menggunakan energi internalnya yang mempunyai kapasitas terbatas. Aki yang habis mengakibatkan mesin mobil tidak dapat dinyalakan.

 

  1. Jarang servis mobil

Perilaku yang perlu dihindari selain ke empat poin di atas adalah jarang melakukan servis mobil. Hal ini biasanya disebabkan pemilik mobil yang sibuk atau tidak megetahui jadwal perawatan. Jangan lupa untuk selalu mengecek service tag (Red: Lembar jadwal service) agar bisa mengetahui kapan jadwal servis mobil Anda selanjutnya. Jangan lupa untuk selalu melakukan servis di dealer resmi Honda terdekat di kota Anda ya! Untuk informasi dealer silahkan klik di sini (info dealer).

Nah, sekarang sudah tahu kan Sobat? Apa saja kebiasaan buruk yang harus dihindari atau ditinggalkan. Kebiasaan berkendara yang baik dan benar membuat perjalanan bersama mobil Honda menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Honda!
The Power of Dreams!